1. Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya.
Contohnya : seperti Operating system dan Utility software
2.Perangkat
lunak Real Time adalah
Suatu sistem dikatakan real time jika dia tidak hanya mengutamakan ketepatan
pelaksanaan instruksi/tugas, tapi juga interval waktu tugas tersebut
dilakukan.
Contohnya
: Seperti Anti Virus
3.Embedded Software adalah computing device yang didesain dengan
tujuan tertentu secara spesifik untuk melakukan fungsi tertentu. Sistem
embedded terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras
meliputi mikroprosesor atau mikrokontroler dengan penambahan memori eksternal,
I/O dan komponen lainnya seperti sensor, keypad, LED, LCD, dan berbagai macam
aktuator lainnya.
Contohnya : Seperti
mp3 Player dan Robot
4.Perangkat
lunak komputer personal adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh
satu orang saja / pribadi. Biasanyakomputer ini adanya dilingkungan rumah,
kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relatif terjangkau dan
banyak macamnya.
Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
Contohnya : Seperti Library dalam Komputer
5.Perangkat
lunak kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah
sistem sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.Sistem
seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke
dalam suatumesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan
manusia.
Contohnya : Seperti Games/Permainan
B. Ruang Lingkup
PL
lingkup PL dapat digambarkan
sebagai berikut :
- Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
- Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
- Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan.
- Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
- Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
- Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
- Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
- Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
- Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi,pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
- Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
0 komentar: